Minggu, 20 Desember 2015

QAULAN SADIDA

Qaulan Sadida artinya pembicaraan yang benar, jujur, lurus, tidak bohong, dan tidak berbeli-belit. Dalam berkomunikasi  kita hendaknya harus berkata yang benar, jujur, lurus dan tidak berbelit-belit dalam menyampaikan sebuah informasi, sebab apabila ketika kita memberikan informasi dengan berbelit-belit maka akan memungkinkan terjadinya kesalahan informasi yang diterima oleh penerima informasi dari pengirim informasi. Selain itu juga dalam menyampaikan informasi kita harus memberikan informasi yang sebenar-benarnya atau sesuai dengan fakta. Sebab ini merupakan kaedah pertama dalam sistem komunikasi islam menurut Ahmad Sufyan Che Abdullah dalam tulisannya “beberapa kaedah komunikasi islam: menjamin produktiviti kerja”. Dalam islam ketika kita memperoleh informasi atau ketika kita mau menyampaikan sebuah informasi hendaknya informasi yang akan kita sampikan kepada orang lain atau informasi yang kita terima dari orang lain hendaknya kita telaah terlebih dahulu kebenarannya, sebab apabila kita menyampaikan sebuah informasi yang tidak sesuai dengan faktanya itu tentu saja jelas telah menyalahi ajaran islam karena kita memberika sebuah informasi yang tidak sesuai dengan faktnaya atau dusta, padahal sudah jelas- elas di dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab Allah SWT Berfirman: 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا الَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا  

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah  perkataan yang benar (QS. Al-Ahzab:70).

Contoh dari Qaulan Sadida, ketika Allah SWT menurunkan Ayat kepada Rasul, maka Rasul menyebarkan dan menjelaskannya dengan benar dan sesuai dengan apa yang diturunkan oleh Allah SWT kepadanya, tidak melebih-lebihkan atau mengurang-ngurangkan. 

1 komentar: